Langsung ke konten utama

Dampak negative gadget bagi anak di bawah umur



Foto: thinkstock

Bahaya penggunaan gadget pada anak sebaiknya dihindari, dengan cara tidak membiarkan mereka terpapar teknologi tersebut secara berlebihan. Apalagi diberi hak kepemilikan saat usia mereka masih di bawah 12 tahun, karena bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisiknya.

Memang di satu sisi, ada beberapa manfaat bagi anak yang sejak dini sudah berkenalan dengan gadget. Paling tidak sejak awal anak sudah familiar dengan teknologi. Kemudian beberapa vendor sudah membuat aplikasi game khusus untuk mengasah daya pikir anak Seperti: puzzle, game kata, dan game sejenis. Anak-anak yang senang bermain gadget juga akan betah di rumah, ini adalah keuntungan buat orang tua yang sibuk. Jika anak berada di rumah, orang tua akan lebih leluasa melakukan kegiatannya. Beberapa orang tua juga membelikan anak-anaknya handphone, agar mudah memonitor keberadaan anak mereka. Di daerah-daerah yang rawan terjadi penculikan anak, membiasakan anak untuk berkomunikasi dengan HP akan cukup membantu orang tua mengawasi anak-anaknya.

Tapi di sisi lain, pemakaian gadget sejak usia dini juga dapat membawa dampak negatif bagi anak-anak, baik bahaya yang langsung kelihatan maupun bahaya yang dampaknya jangka panjang. Yaitu :

  • ·         Kecanduan

Ketika orangtua terlalu bergantung pada teknologi, mereka akan semakin jauh dari anak. Untuk mengisi kekosongan ikatan dengan orangtua, anak juga mulai mencari penghiburan dari gadget, yang pada akhirnya membuat mereka kecanduan teknologi, dan tidak bisa lepas darinya.

  • ·         Resiko radiasi elektromagnetik

Berbeda dengan orang dewasa, tubuh anak-anak terutama anak yang berusia di bawah lima tahun sangat sensitif terhadap resiko bahaya dari lingkungannya. Kita ketahui bersama bahwa setiap gadget memiliki paparan elektromagnetik yang dapat mempengaruhi tubuh. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja tidak disarankan untuk terpapar radiasi elektromagnetik dalam jangka waktu lama. Untuk anak 1-3 tahun yang saraf-sarafnya sementara berkembang, radiasi elektromagnetik dari lingkungan di sekitarnya dapat menghambat perkembangan tersebut. Akibatnya perkembangan kogintif anak berjalan lambat, anak susah berkonsentrasi dan akibat negatif lainnya.

  • ·         Sifat agresif

Konten di media yang bisa diakses anak, dapat menimbulkan sifat agresif pada anak. Kekerasan fisik dan seksual banyak tersebar di internet, dan jika tidak dilakukan pengawasan, anak bisa terpapar itu semua. Sehingga memicu timbulnya perilaku agresif dan cenderung menyerang orang lain pada anak.

Teknologi memang seperti pisau bermata dua. Di satu sisi membawa manfaat, tapi di sisi lain jika tak digunakan secara bijak, juga bisa mendatangkan mudharat. Tugas kita sebagai orang tua adalah sejak awal menjadikan teknologi itu sahabat yang ramah dan baik bagi anak-anak kita. (PG)

Beberapa kasus
·         Hampir dari penduduk Bandung Timur khususnya wilayah Cibiru dan sekitarnya , anak – anak usia dini jarang sekali terlihat di lingkungan nya ramai untuk bermain . Mereka kebanyakan lebih senang bermain didalam rumah dengan gadgetnya dibandingkan harus keluar rumah . Bayu ( 5 ) hampir sama seperti vika , ia lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah dengan gadgetnya di bandingkan main diluar rumah dengan temannya .Ia bisa menghabiskan waktu bermain dengan gadgetnya kurang lebih 3 sampai 4 jam setiap harinya

·         Kayla Oktaviani ( 7 ) merupakan salah satu korban penggunaan gadget saat ini , Ia biasanya menggunakan gadget ini sebagai sarana bermain . Karna menurutnya permainan yang terdapat di gadget ini sangat lengkap dan menyenangkan  Kholifah ( 38 ) adalah orang tua dari Kayla Oktaviani , ia sangat senang dengan kehadiran gadget tersebut karna anaknya lebih banyak menghabiskan waktu dirumah , dengan gadget yang ia miliki juga dapat membantu anaknya dalam proses belajar . Kholifah selalu memantau anak nya saat kayla memainkan gadget tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL “PENDIRIAN USAHA KEDAI KOPI POJOK”

PROPOSAL PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA “PENDIRIAN USAHA KEDAI KOPI POJOK” DISUSUN OLEH :                                                 Geraldy Fatahilah                                                 Arie Januar                                                 M.Irham ...

Proses Pembuatan Animasi 3D Muvizu

Muvizu merupakan salah satu contoh program untuk membuat animasi film kartun 3D dikomputer. Berbagai tools dan karakter serta pernak-pernik yang biasa kita butuhkan dalam membuat sebuah animasi film kartun sudah disediakan pada software tersebut, disamping mendukung juga penambahan model 3D lagi untuk melengkapi model-model 3D bawaan dari software Muvizu sendiri. Untuk setiap animasi karakter juga sudah disediakan, tinggal kita pilih sesuai dengan animasi yang kita butuhkan dalam setiap adegan animasi yang kita buat.    Objek yang akan Di buat           Objek yang akan dibuat yaitu memberikan material template pada animasi yang akan kita buat seperti pemberian karakter, backdrops, objek, dan lain-lain.       Pertama, kita mulai membuat bagian Rumah   karena tema yang akan kita buat mengenai Dampak Negatiive gadget bagi anak di bawah umur . Seperti dibawah ini:   ...

komputasi dan parallel processing

Komputasi Sebagian besar manusia di dunia mengetahui apa itu komputer, komputer berbeda dengan komputasi. Jadi, komputasi merupakan suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Pengertian Komputasi adalah proses menghitung, membandingkan dan berbagai operasi perhitungan matematika dan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dikerjakan dengan program komputer yang sudah disusun sesuai dengan Algoritma yang benar. Kelebihan dari proses perhitungan komputasi yaitu bisa mendapatkan suatu hasil laporan dengan cepat dan akurat. Karena kita tinggal menginput data ke komputer, maka sistem yang telah dibuat tadi akan bekerja dan mengolah data kita menjadi informasi yang lebih berguna. Parallel Processing Dalam komputer, pemrosesan paralel merupakan pengolahan dari Program instruksi dengan membagi mereka di antara beberapa prosesor dengan tujuan untuk menjalankan program dalam waktu kurang. Dalam komputer paling awal, h...