PROPOSAL
PENGANTAR
BISNIS INFORMATIKA
“PENDIRIAN
USAHA KEDAI KOPI POJOK”
DISUSUN
OLEH :
Geraldy
Fatahilah
Arie
Januar
M.Irham
Budhi
Arie
Akmal
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK
INFORMATIKA
2019
DESKRIPSI
UMUM USAHA
NAMA USAHA : KEDAI KOPI POJOK
BENTUK : INDIVIDU
JENIS : INDUSTRI
KECIL
NAMA PEMILIK : BAMBANG SUGIONO
ALAMAT : JALAN BERSAMA, NO30 0105/045.
BEKASI BARAT.
DAFTAR
ISI
Deskripsi
Umum Perusahaan…………………………………………………………………ii
Daftar Isi ........................................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang ............................................................................................................
1
1.2. Konsep Usaha……………………… ........................................................................... 1
1.3. Visi dan Misi Perusahaan............................................................................................. 2
1.4. Tujuan dan Sasaran usaha ........................................................................................... 2
BAB
II ASPEK PASAR DAN BENTUK HUKUM USAHA
2.1 Gambaran Umum Pasar
............................................................................................... 3
2.1.1.Segmen
Pasar ........................................................................................................... 3
2.1.2. Strategi Pemasaran .................................................................................................. 3
2.1.3. Promosi .................................................................................................................. 3
2.1.4. Penetapan
Harga jual ..............................................................................................3
2.1.5 Sistem Penjualan atau distribusi
………………………………………………………4
2.1.6 Peluang Usaha………………………………………………………………….………4
BAB
III ASPEK PRODUKSI
3.1. Jenis
Produk usaha .................................................................................................. 5
3.2. Jumlah Produksi yang di
buat……………………………………………………….…5
3.3. Waktu kegiatan Produksi………………………………………………………….……5
3.4. Jumlah tenaga yang
dibutuhkan……………………………………………………….5
3.5. Bahan dan peralatan yang
digunakan……………………………………..…………..5
3.6 Proses produksi…………………………………………………………………………7.
BAB
IV ASPEK KEUANGAN
4.1. Rencana Anggaran Biaya .................................................................................................... 8
BAB
V PENUTUP
5.1. Kesimpulan ......................................................................................................................... 9
5.2. Saran ................................................................................................................................... 9
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pertumbuhan
ekonomi tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk. Ini lah permasalahan yang
sangat vital yang dihadapi oleh masyarakat, sulitnya mendapatkan lapangan
pekerjaan karena rendahnya kualitas sumber daya manusia merupakan faktor
pendorong banyaknya pengangguran. Selain karena faktor persaingan dalam
memperoleh suatu mata pencaharian. Disinilah peran kreativitas yang seharusnya
mengubah pola pikir masyarakat Indonesia yang mayoritas menginginkan dirinya sebagai
pekerja bukanlah sebagai pembuka lapangan pekerjaan. Untuk itulah saya disini
sebagai bagian dari masyarakat sebagai generasi muda mencoba berbuat dan
perfikir kreatif untuk menciptakan peluang usaha untuk mencari sumber-sumber
penghasilan yang sedikit banyak dapat membantu kehidupan saya pribadi maupun
orang lain.
Siapa yang tidak kenal dengan usaha kedai kopi, bagi
kebanyakan orang kopi menjadi pelengkap kehidupan sehari-hari. Kopi mengandung
caffein yang dapat memicu adrenalin sehingga peminumnya dapat lebih aktif dan
lebih bersemangat dalam beraktivitas. Usaha kedai kopi menjadi sangat
menjanjikan karena sekarang bukan hanya orang-orang tua saja yang sering minum
di kedai kopi. Anak-anak pun banyak yang sering ngopi di kedai kopi ataupun di
angkringan. Kami membuka Kopi Pojok diperuntukan bagi kaula muda, anak sekolah,
mahasiswa dan kalangan orang dewasa
untuk refreshing dari penatnya
berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani
secangkir kopi dan beberapa makanan ringan merupakan moment yang pas untuk
nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, pasangan, dan lain-lain. Maka dari
itu saya akan membuat kedai kopi dengan
pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai minuman ini tidak merasa
bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai minuman ini, maka saya
akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif
murah bagi semua kalangan masyarakat.
1.2.
Konsep Usaha
Konsep
usaha yang akan saya buat ini adalah usaha kedai kopi. Dengan menjual kopi pada
khususnya, dan beberapa makanan ringan sebagai penunjang minum kopi. Dengan
penyewaan gedung sebagai tempat usaha yang akan saya dirikan, saya beroptimis
usaha ini akan rame pengunjung. Karena lokasi usaha berada didalam sebuah
sekolah negeri di Kudus yang sudah mempunyai izin dijadikan tempat usaha. Sasaran
utama atau konsumen kami yaitu siswa-siswi, guru dan staff dari sekolah itu
sendiri. Serta para pengunjung dari luar mulai anak muda sampai dewasa.
Tentunya banyak fasilitas yang akan saya tawarkan kepada pengunjung yang
datang. Diantaranya adalah musik, wifi, stopkontak dan edukasi tentang kopi dan
bagaimana penyajian yang tepat. Serta tempat yang nyaman dengan berbagai hiasan
mulai dari lampu, lukisan, dan penataan tempat.
1.3. Perumusan
Visi Usaha
Ciptakan pelayanan prima, membangun kreatifitas serta
berinovasi tinggi, menunjang pendidikan ditengah mengurangi angka kemiskinan.
Perumusan Misi Usaha
-
Memberikan pelayanan prima kepada
konsumen
-
Memberikan pendidikan kepada siswa dan
konsumen
-
Menjaga kualitas produk demi kepercayaan
konsumen
-
Menciptakan lapangan kerja
1.4. Tujuan
Usaha
Tujuan
dari usaha yang saya dirikan adalah ;
·
Menciptakan lapangan kerja baru
·
Memperoleh laba
·
Mengembangkan jiwa wirausaha yang ada
pada diri saya
·
Mengembangkan pendidikan nonformal
dengan memberikan pengetahuan tentang kopi serta bagaimana penyajian yang tepat
kepada siswa dan konsumen
·
Mengenalkan macam-macam kopi dan cara
penyajian.
BAB
II
Aspek
Pasar & Bentuk Hukum Usaha
2.1
GAMBARAN UMUM PASAR
2.1.1. Segmen Pasar
Target kita sendiri dari segi usaha, kami sangat
mengharapkan para investor bersedia mendukung usaha yang akan saya buat dari
segi modal. Usaha ini terbilang booming karena kebutuhan akan tempat
berkumpul, tempat belajar dengan fasilitas free Wi-Fi sekaligus
tempat para siswa untuk menambah pengetahuan tentang produk kopi dan
bagaimana penyeduhan kopi yang tepat. Disamping harga yang terjangkau, nama
yang unik, dihidangkan secara unik, penataan ruang yang tidak biasa juga
menarik minat konsumen untuk berkunjung dan membeli produk kami sekaligus
menikmati fasilitas yang kami sediakan. Namun yang lebih diutamakan disini
adalah kualitas dan kenikmatan dari produk yang berada di kedai ini.
2.1.2 Strategi Pemasaran
Dalam penjualan dan pemasaran produk ini, ada
beberapa strategi yang digunakan yaitu :
- Mengutamakan kualitas produk.
-
Mengutamakan Kepuasan pelanggan
- Membuat di Media Sosial
- Membuat website.
2.1.3. Promosi
- Luncurkan promo untuk momen atau hari tertentu
- Ajak food
blogger me-review kedai kopi
- Promosi Lokasi Melalui Sosial Media
2.1.4. Penetapan Harga Jual
Penetapan harga jual produk ini dengan menggunakan
metode BEP
2.1.5. Sistem Penjualan/Distribusi
Sistem penjualan yang digunakan dalam penjualan
produk ini adalah langsung dan menerima pesanan lewat telepon atau secara
langsung.
2.1.6. Peluang Usaha
peluang usaha untuk mencari sumber-sumber
penghasilan yang sedikit banyak dapat membantu kehidupan saya pribadi maupun
orang lain.
BAB
III
ASPEK
PRODUKSI
3.1. Jenis Produk Usaha
Jenis
produk yang kami jual adalah aneka macam kopi diantaranya kopi single origin,
dan kopi campuran. Single origin kita sediakan diantaranya Sumatera Arabica
Gayo, Kopi Muria, Arumanis Robusta dll. Untuk kopi mix kita sediakan cappucino,
cappucino latte dll. Sedangkan dalam penyajian produk, kami menawarkan banyak
cara penyeduhan kopi. Dari mulai penyajian vietnamese drip, V60, espresso,
cappucino dll. Aneka makanan ringan diantaranya Friench Friesh, Singkong
Goreng, Nacos dll. Dari produk yang sudah saya sebutkan nantinya akan ada
pembaruan produk seperti jenis kopi baru dan makanan ringan yang bervaria.
3.2. Jumlah Produk yang dibuat
Rata-rata setiap harinya dibuat 150 cup dan dalam
sebulan yaitu 30 hari dapat memproduksi kurang lebih 4.500 cup.
3.3. Waktu Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi dilakukan setiap hari, mulai dari
jam 10.00 Pagi – 22.00 Malam
3.4. Jumlah Tenaga yang Dibutuhkan
Diperlukan satu orang yaitu pemilik sendiri,
kemudian 1 asistance yang membantu dalam membuat kopi serta melakukan transaksi
pembayaran
.
3.5. Bahan dan Peralatan Yang digunakan
Peralatan yang digunakan :
1. Mesin Espresso
2. Mesin
Grinder kopi elektrik
3. Mesin
Grinder kopi Manual
4.
Peralatan sedu V60
5.
Peralatan sedu Vietnamese drip
6. Rok
Presso
7. French
press
8. Aero
Press
9. Coffee
equipment
10. Termos Es
11. Kompor
12. Penggorengan
13. Piring
14. Gelas
15. Sendok
garpu
16. Kursi
Meja Taman
C. BAHAN BAKU
1. Aneka
Kopi
2. Es
kristal
3. Air
mineral
4.
Kentang Goreng
5. Potato
6.
Singkong
7. Gula
8. Garam
9. Saos
10. Mayonaise
Peralatan
yang dibutuhkan (Aktiva Tetap)
1. Aero
press :
Rp. 445.000,-
2. French
press :
Rp. 130.000,-
3.
Cookmaster Vdrip
: Rp. 70.000,-
4. Hario
V60 :
Rp. 80.000.-
5. Kettle
leher angsa : Rp. 170.000,-
6. Hario
V60 drip decenter : Rp. 400.000,-
7.
Timbangan kopi
: Rp. 450.000,-
8. Manual
handy coffee : Rp. 160.000.-
9.
Grinder coffee : Rp. 750.000.-
10. Mesin
kopi : Rp. 2.500.000.-
11. Milk
jug :
Rp. 200.000.-
12. Wajan maxim : Rp. 170.000.-
14. Komor gas
dua tungku : Rp. 350.000.-
15. Meja
kursi taman : Rp.
3.000.000.-
16. Alat
goreng kentang : Rp.
1.300.000.-
17. Alat
kebersihan :
Rp. 155.000.-
Sub Total = Rp. 10.500.000.-
Bahan
baku untuk 3 bulan pertama (Aktiva
Lancar)
1.
Kopi : Rp.
1.000.000.-
2.
Kentang goreng
: Rp. 2.000.000.-
3.
Tortilla : Rp.
1.500.000.-
4. Minyak
goreng : Rp.
1.000.000.-
5.
Gas : Rp.
1.500.000.-
Sub Total Rp.
7.000.000.-
3.6. Proses Produksi
Cara membuat kopi
1. Masukkan kopi ke mesin espresso.
2. Nyalakan mesin espresso.
3. Siapkan susu ke dalam steam
pitcher, hanya isi separuh pitcher.
4. Panaskan susu hingga kurang lebih 90 °C.
5. Kocok susu dengan french press. Jika
menggunakan mesin espresso yang canggih, gunakan frother sampai
berbusa.
6. Masukkan ujung frother hanya 1
cm dari permukaan susu agar busanya ringan dan banyak.
7. Hentikan saat busa sudah memenuhi pitcher.
8. Tuang espresso ke cangkir (30 ml).
9. Beri jarak antara pitcher dan
cangkir sekitar 6 cm.
10. Tuang susu yang sudah
di-steam dan berbusa (froth) langsung ke tengah.
11. aat menuang, perpendek
jarak sambil mempercepat penuangan agar foam berada di atas
dan terlihat cerah.
BAB
IV
ASPEK
KEUANGAN
4.1
Rencana Anggaran Biaya
Modal investasi yang diperlukan, secara ringkas
adalah sebagai berikut:
Biaya sewa gedung ( untuk 1 tahun sewa ) Rp. 15.000.000.-
Biaya rancang interior Rp. 5.500.000.-
Peralatan
Rp. 10.500.000.-
Pengadaan
mebelair
Rp 15.000.000,-
Lain-lain
Rp. 9.000.000.-
TOTAL Rp. 55.000.000.-
Modal kerja yang dibutuhkan untuk operasional selama
satu (1) bulan dengan rata-rata melayani 1.050 orang (35 orang perhari) dalam 3
bulan pertama:
Pembelian Bahan Baku : Rp. 7.000.000.-
Gaji Karyawan Rp. 4.500.000 X 4 : Rp. 18.000.000.-
Biaya Pemeliharaan : Rp. 2.000.000.-
Biaya Pemasaran : Rp. 1.000.000.-
Alat Tulis Kantor : Rp. 500.000.-
Administrasi Lain : Rp. 1.000.000.-
Total : Rp. 29.500.000.-
Target
Pendapatan tiap bulan (3 bulan pertama) dengan rata-rata
pengunjung 35 orang perhari atau 1050 pengunjung dengan rata-rata
konsumsi Rp 20.000,-/orang, pembelian kopi dan variannya, adalah
sebesar: Rp. 20.000,- X 1.050 = Rp 21.000.000,- dikalikan
3 bulan Rp. 21.000.000 X 3 = Rp. 63.000.000.-
Nilai
Investasi
Pokok : Rp.
55.000.000.-
Pengeluaran
3 Bulan : Rp.
29.000.000.-
Pendapatan 3
Bulan : Rp.
63.000.000.-
Nilai
Keuntungan : Rp.
34.000.000.-
total pengembalian
dalam 2 tahun
(Nilai
Investasi + 20 % dari
keuntungan) : Rp. 61.800.000.-
nilai
pengembalian tiap tahap ( per bulan ) : Rp.2.575.000,-
BAB
V
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal
yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha,
lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan
dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan
dengan baik. Usaha jagung manis kukus ini merupakan suatu usaha skala kecil
yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi
pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun
memerlukan perencanaan yang matang..
2.
SARAN
1. Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan
segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat
berjalan dengan baik.
2. Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya
diri, dan keuletan.
3. Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan
inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak
mudah bosan.
4. Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam
diri kita.
5. Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai
hambatan dan masalah
Komentar
Posting Komentar